Inilah Upaya Atasi Dampak Pembatasan BBM Subsidi

[imagetag]


Quote:

Dengan optimalisasi pendapatan negara khususnya sektor pajak dan penghematan anggaran, maka dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat.

Demikian mengutip hasil riset E Trading Securities, Jumat (20/4/2012). Hal ini apabila pemeritnah akhitnya merealisasikan pembatasan penggunaan BBM subsidi khusus untuk mobil dengan CC 1.500 ke atas.

"Kami optimis bahwa pertumbuhan ekonomi, angka laju inflasi, dan daya beli masyarakat dapat tetap terkendali. Optimisme kami tentunya didukung dengan komitmen pemerintah dalam mengoptimalkan pendapatan negara (misalnya dari sektor pajak) dan penghematan anggaran kementerian," demikian hasil riset tersebut.

Rencana pemerintah untuk melaksanakan kebijakan BBM merupakan hal yang wajar. Hal ini terkait dengan batalnya rencana kenaikan harga BBM subsidi pada bulan April sebagai realisasi APBN-P 2012. Alternatif yang dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan postur APBN-P 2012 yakni melalui pengendalian penggunaan BBM subsidi. Dengan demikian penggunaan BBM subsidi tidak melebihi jatah kuota 40 juta barel per tahun.

Saat ini, masih banyak prediksi yang menyebutkan paling lambat bulan Juli mendatang angka rata-rata kenaikan 15% harga minyak Indonesia (ICP) di atas asumsi APBN-P bakal terpenuhi. Bila hal itu terjadi, pemeritah bisa menjalankan pasal yang memberikan kewenangan untuk menaikkan BBM subsidi.

Pemerintah pun sudah mulai melakukan uji coba skema kenaikan BBM subsidi di bulan Juli nanti.

sumber

:ngacir2 :army

jablayrimba 20 Apr, 2012