Inilah Target Pembatasan BBM Subsidi

[imagetag]


Quote:

Target penghematan belanja BBM bersubsidi
terhadap kendaraan bermotor di atas 1.500 cc dan kendaraan dinas bisa sampai 3 juta kiloliter.

Hal itu dinyatakan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di Istana Kepresidenan, yang dikutip dari Antara, Kamis (19/4/2012). Tujuan tersebut yang menjadi bagian dari kebijakan BBM. "Untuk itu, penghematan bisa sampai 2 juta-3 juta kiloliter terjadi, kalau hitung-hitungan kendaraan yang ada," katanya. Asumsinya, kendaraan bermotor berkapasitas mesin di atas 1.500 cc dan kendaraan dinas tidak menggunakan BBM bersubsidi.

Ia menegaskan, pemerintah harus siap dengan dua kondisi, yaitu kondisi yang memungkinkan penyesuaian harga BBM dan kondisi yang tidak memungkinkan melakukan penyesuaian harga BBM. Upaya pengendalian BBM itu salah satu opsi yang didalami pemerintah untuk kedua kondisi itu.

Namun demikian, potensi penghematan itu bisa saja meleset disebabkan beberapa hal, antara lain pemilik kendaraan 1.500 cc mengaku hanya memiliki kendaraan 1.300 cc.

Target dari program penghematan dan pengendalian itu menjaga agar kuota BBM bersubsidi yang disediakan pemerintah tidak membengkak.

Saat ini, kuota BBM bersubsidi adalah 40 juta kiloliter per tahun. Menurut dia, konsumsi BBM bersubsidi mengalami kelebihan sebanyak delapan persen per hari. "Kalau dibiarkan kelebihanya itu 8-10 persen dari 40 juta kiloliter, itu bisa menjadi 43 juta-44 juta kiloliter," katanya.

sumber

:ngacir2

belalangbelang 20 Apr, 2012