KOMENTAR PENGANTAR dari @TS:
NKRI kini bukan lagi negara ecek-ecek yang hanya terbelit dengan kemiskinan, pengangguran dan kebodohan dan separatisme seperti di masa lalu. NKRI sekarang dan di masa depan adalah sebuah bangsa yang sudah mulai maju, sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia. Ekonomi NKRI akan tumbuh dan berkembang dengan mengandalkan kekayaan nasionalnya, dan penduduk yang semakin baik kwalitas sumber daya manusianya. Sistem politik yang sudah menganut Demokrasi penuh (Full Democration) dan model ekonomi yang semuanya sudah dilakukan dengan pendekatan Mekanisme Pasar (Price mechanism), adalah tanda-tanda menuju ke arah kemajuan itu. Untuk negeri yang sudah maju seperti ini, dimana kekuatan ekonomi akan menjadi andalan utama untuk menjaga kestabilan dan kesinambunagn kemajuan, sangat diperlukan tipe Pemimpin yang sangat paham mengenai dunia bisnis atau perdagangan internasional. Itulah yang menjadi salah satu alasan bahwa Presiden RI di tahun 2014 dan sesudahnya, seharusnya di isi orang-orang yang professional di dunia bisnis, tentu pengusaha dengan integritas moral yang baik dan luhur budinya

10 Pengusaha Paling Potensial Masuk Bursa Capres 2014
Wednesday, February 29th, 2012

Entah fenomena apa, bursa calon Presiden 2014 didominasi oleh politisi berlatarbelakang pengusaha. Dimana para mantan Jenderal lain berada? Fenomena lainnya, para purnawirawan yang dulu sangat seksi memegang kuasa di daerah, pelan-pelan "digusur" oleh para pengusaha. Di tingkat nasional, sebagian sudah digadang-gadang oleh parpol dan media massa. Hanya Megawati tidak memiliki latarbelakang pengusaha. Berikut adalah 10 pengusaha yang paling potensial masuk bursa calon Presiden 2014:

1.Jusuf Kalla.

[imagetag]

Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden, merupakan pengusaha sukses dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pendekatannya layaknya pengusaha dalam mengelola pemerintahan terbukti mampu menyelesaikan banyak persoalan negara saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah menggadang-gadang pria yang terkenal dengan solusinya yang cepat dan tepat ini. Di tangan Jusuf Kalla, Pulau Komodo mendunia, masalah Ambon, Poso, Aceh, hingga masalah BLT, rumah buat kalangan menengah ke bawah bisa dituntaskan persoalannya. Di saat banyak penyelesaian terkesan lamban, pria berkumis tipis ini menyelesaikan banyak persoalan secara cepat. Saat ini JK lebih sibuk menjalankan missi kemanusiaan di PMI.

2.Abu Rizal Bakrie.

[imagetag]

Pria akrab disapa Ical ini pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia. Dia adalah politisi Golkar yang pernah memimpin asosiasi pengusaha terdepan Indonesia seperti Kadin dan Hipmi. Saat ini Golkar belum memiliki pilihan lain selain Ical. Pria Lampung ini sedang gencar-gencarnya melakukan penetrasi ke desa-desa dan pelosok-pelosok guna meningkatkan popularitasnya.


3.Prabowo Subianto.

[imagetag]

Mantan Danjen Kopassus ini terjun menjadi pengusaha setelah diberhentikan dari kedinasan tentara saat krisis kepemimpinan nasional 1998 lalu. Meski demikian, bakat bisnisnya kemudian dikembangkan dan menjalin hubungan bisnis dengan rekannya pemimpin negara Yordania. Dia sempat mencicipi bisnis minyak, bisnis kertas melalui Kiani Kertas. Oleh sebab latarbelakangnya ini, Prabowo dinilai punya nilai tambah bila menjadi Presiden RI.


4.Hatta Radjasa.

[imagetag]

Hatta Radjasa memang sudah lama berkutat didunia pemerintahan. Tapi sosok yang kalem dan tenang ini lebih merasa nyaman berada diantara rekan-rekannya sesama pengusaha. Sebelum menjadi politisi, Hatta sudah lama berbisnis dan mencari uang sendiri. Sekarang jiwa bisnisnya dilanjutkan oleh putranya Reza Radjasa yang juga salah satu pimpinan BPP Hipmi. Lulusan ITB ini merupakan jagoan dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menuju RI-1 pada 2014 mendatang.


5.Dahlan Iskan.

[imagetag]

Sosok Dahlan Iskan muncul seperti gaya Jusuf Kalla dalam menyelesaikan persoalan. Mereka berdua bergerak cepat dan tidak suka dengan birokrasi yang berbelit-belit dan menjengkelkan. Kiat ini yang ditempuh Dahlan saat memimpin PT Perusahaan Listrik Negara. Sukses di PLN, Dahlan dijagokan memimpin PSSI yang sedang bermasalah meski akhirnya kandas. Dahlan adalah wartawan sekaligus pengusaha media cetak dan elektronik dibawah bendera Jawa Pos Group. Namun masalah kesehatan merupakan kendala pria gesit ini sebab pernah menjalani transplantasi hati di Cina.

6.Joko Widodo.

[imagetag]

Orang Solo saat tegang-tegangnya dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo masalah situs sejarah bercanda bahwa mereka tidak membutuhkan "Bibit" sebab pohonnya sudah ada yakni Joko Widodo di Solo. Pria kalem namun tegas ini dipandang sebagai salah satu pemimpin muda masa depan yang sukses melakukan perubahan tanpa berdarah-darah dan kekerasan. Dia adalah pengusaha mebel yang sudah berduit, sehingga Jokowi tidak pernah mengambil gajinya sebagai Wali Kota Solo. Politisi PDI P ini sering disebut-sebut sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta yang potensial.

7. Surya Paloh

[imagetag]

Meski sayup-sayup, nama Surya Paloh masih menjadi jualan partai Nasdem. Ada kabar bahwa Nasdem yang didukung Surya Paloh dan konglomerat media Harry Tanoe Sudibyo bakal mendorong Jusuf Kalla. Namun, nama Surya Paloh masih sangat kental jadi jagoan di partai Nasdem. Terlebih Surya Paloh didukung oleh gabungan dua konglomerasi media terbesar di Tanah Air. Surya Paloh adalah bos dari Media Group yang didalamnya terdapat MetroTivi.

8.Hutomo Mandala Putra.

[imagetag]

Putra mantan Presiden Soeharto ini masih punya kharisma tersendiri. Penggemarnya pun belum padam. Putra mendiang Presiden RI ke-2 Soeharto, Tommy Soeharto disebut-sebut merambah bisnis media melalui PT Pelita Mandala Online untuk memuluskan jalan politiknya. Kendati demikian, Tommy mengakui bisnis media ini bukan untuk kepentingan menjelang pemilu dan Pilpres 2014 mendatang."Saya ingin tegaskan tidak ada kaitannya dengan 2014 atau bahkan 2019. Ini bisa dibuktikan," ujar pemimpin umum PT Pelita Mandala Online, Sulatomo. Tommy terjun ke dunia usaha sejak ayahnya berkuasa dimana Indonesia masih sangat terpandang dan disegani dunia luar saat itu.

9. Chairul Tanjung.

[imagetag]

Pemilik kelompok usaha Para Group ini mulai digadang-gadang oleh PKS menuju RI-1 pada 2014. Meski demikian Chairul Tanjung masih malu-malu dan belum menyatakan belum berminat ke istana. Saat ini pria akrab di sapa CT ini lebih asyik berbisnis sampai ke Indonesia Timur dengan mengakuisisi Bank Sulut. Jabatan publiknya saat ini adalah Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

10. Fadel Muhamad.

[imagetag]

Dia adalah mantan pimpinan dari Bukaka Group. Tangan dinginnya sebagai pengusaha mampu mengangkat salah satu provinsi termuda, Gorontalo, menjadi ikon investasi nasional. Fadel sukses menyulap birokrasi yang lambat menjadi lebih cepat dan efisien serta transparan selama menjadi gubernur. Politisi yang disapa Gubernur Jagung ini juga sukses saat memimpin KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). Aksi heroiknya menolak ikan dan garam impor harus diancungi jempol. Sayang, Fadel masih dibayang-bayangi oleh dua seniornya di partai Golkar, Jusuf Kalla dan Ical.
http://suarapengusaha.com/2012/02/29...capres-2014-3/

-----------------

Saya cuma pengusaha tahu dan tempoe, kira-kira besok boleh dunk menjadi Kanwil Perdagangan di kabupaten saya saat ini ... :D

adam.bdg 20 Apr, 2012